Senin, 20 September 2021

SOP REKOMENDASI PENELITIAN

 

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)

 

 

 

 

 

 

 

 

BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK

KABUPATEN SIDOARJO

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

NOMOR SOP

:    SOP/         /404.6.4/2014

NAMA SOP

:     Penerbitan Rekomendasi Surat Ijin Penelitian/Survey/Pengambilan Data

TGL. PEMBUATAN

:    01-05-2014

TGL. REVISI

:    -

STATUS REVISI :  00

TGL. EFEKTIF

:    01-05-2014

DISIAPKAN OLEH

:                               Sekretaris

 

 

 

 

 

ZAINUL ARIFIN, SH

NIP. 19630421 198603 1 016

 

DISAHKAN OLEH

:                               Kepala Badan

 

 

 

 

 

JUSUF ISNAJANTO, S.Sos

NIP. 19621112 198403 1 011

 

 

 

 

 

  1. DASAR HUKUM

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2011 tentang Rekomendasi Penelitian.

 

  1. KETERKAITAN

SOP Penerbitan Surat Ijin Penelitian/survey/pengambilan data ini tidak terkait dengan SOP lainnya.

 

  1. PERINGATAN

Apabila SOP ini tidak dilaksanakan, maka akan berpengaruh pada Rekomendasi Ijin/Penelitian/Survey/Pengumpulan Data yang akan dilakukan oleh pemohon.

 

 

 

 

  1. KUALIFIKASI PELAKSANA

Jumlah Personil =  4 orang

4.1.        Sekretaris  = 1 orang

Pendidikan

:

Minimal S1 Pemerintahan, Hukum, Administrasi Negara, Sospol, diutamakan S2 yang relevan dengan jabatannya

Pelatihan

:

- Diklat Pim Tingkat III

- Manajemen Penyusunan Program

- Manajemen Pemerintahan dan Pembangunan

- Manajemen Pelayanan Publik

- Manajemen Keuangan Daerah

Ketrampilan/Pengetahuan

:

- Menyusun perencanaan dan pengelolaan program

- Mengembangan Sumber Daya Aparatur

- Merumuskan konsep-konsep naskah dinas

- Peraturan Perundangan tentang Pelayanan Publik

Pengalaman Kerja

:

Dua kali menduduki jabatan eselon IVa yang berbeda

 

4.2.    Kasubbag Umum dan Kepegawaian  =  1 orang

Pendidikan

:

Minimal S1 Pemerintahan, Hukum, Administrasi Negara, Sospol, diutamakan S2 yang relevan dengan jabatannya

Pelatihan

:

- Diklat Pim Tingkat IV

- Manajemen Penyusunan Program

- Manajemen Pembangunan berbasis Kinerja

- Manajemen Pelayanan Publik

Ketrampilan/Pengetahuan

:

-  Mengetahui peraturan yang terkait dengan Pelayanan

-  Mengetahui keabsahan berkas

-  Memiliki wewenang untuk melakukan pemeriksaan

-  Memiliki wewenang untuk menyetujui hasil permohonan

Pengalaman Kerja

:

Staf yang berhubungan dengan pelayanan

 

4.3.   Petugas Administrasi  =  2 orang

Pendidikan

:

Diutamakan S1 semua jurusan

Pelatihan

:

- Manajemen pelayanan Publik

- Teknis pengumpulan data

- Teknis pengolah dan penyajian data

Ketrampilan/Pengetahuan

:

-     Teliti

-     Menyajikan data sebagai bahan kerja

-     Mampu mengoperasikan komputer

-     Mengetahui peraturan yang terkait dengan Bidang Kesejahteraan Sosial

Pengalaman Kerja

:

-

  1. PERALATAN/PERLENGKAPAN
    • Meja dan Kursi Receptionist
    • Komputer dan printer
    • Buku Agenda Rekapan rekomendasi Surat Ijin Penelitian/Survey/Pengambilan Data
    • ATK
    • Form isian pendaftaran permohonan rekomendasi Surat Ijin Penelitian/Survey/Pengambilan Data
    • Pesawat telephone

 

  1. URAIAN SOP
  • Pemohon  mengajukan permohonan Surat Ijin Penelitian/Survey/Pengambilan Data ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. Sidoarjo dengan membawa Berkas Persyaratan yang telah ditentukan
  • Petugas administrasi memeriksa kelengkapan berkas persyaratan pemohon dan menyerahkan form isian bagi pemohon untuk diisi, dan dilengkapi
  • Petugas administrasi membuat Draf Rekomendasi Surat Ijin Penelitian/Survey/Pengambilan Data
  • Petugas Administrasi mencetak Draf Rekomendasi, kemudian diajukan kepada Kasubbag Umum dan Kepegawaian untuk diperiksa
  • Kasubbag Umum dan Kepegawaian memeriksa Draf Rekomendasi beserta lampiran. Jika berkas tersebut tidak lengkap ataupun ada kesalahan, maka Kasubag mengembalikan kepada petugas administrasi. Jika Draf Rekomendasi dan berkas telah lengkap dan benar, Kasubag umum dan Kepegawaian memberikan paraf, kemudian petugas administrasi mengajukan kepada Sekretaris.
  • Sekretaris memeriksa kembali draf dan menandatangani Surat Ijin Penelitian/Survey/Pengambilan Data apabila sudah benar, kemudian diserahkan kembali kepada petugas administrasi
  • Petugas administrasi memberikan Surat Ijin Penelitian/Survey/Pengambilan Data yang telah diterbitkan oleh Sekretaris kepada pemohon.

 

  1. PENCATATAN DAN PENDATAAN
    • Buku Agenda
    • Rekomendasi Surat Ijin Penelitian/Survey/Pengambilan Data

0 KOMENTAR UNTUK "SOP REKOMENDASI PENELITIAN"

Peraturan dalam berkomentar:

1. Komentarlah dengan menggunakan Email yang valid

2. Menggunakan bahasa yang sopan dan baik

3. Dilarang berkomentar mengenai SARA, Memicu perdebatan, atau tentang hoax

Add Comment